Seorang Budayawan

Vespa Dan Seni Jalanan Taufik Monyong

Oleh : Agus (Koecink) Sukamto (Perupa, Pemerhati Seni Rupa)

Kalau menghubungkan keduanya memang aneh tetapi itulah realitas yang ada. Sosok Monyong panggilan sehari-hari merupakan salah satu seniman yang nyentrik. Bergerak terus dari zaman orba sampai sekarang. Siapa yang dibela dan dilawan semuanya nampak sebagai perjuangan dalam perjalanan hidupnya. Lalu apa hubungan dia dengan seni?, seni telah menyatu dengan kehidupan jalanan maka banyak orang menyebut dia sosok demontran yang kreatif. Berdemo dengan bahasa seni rupa.apapun yang dipakai membuat khalayak heran apakah dia seniman atau demontran, dan aktivis pergerakan.

Dengan latar belakang pendidikan seni rupa yang diperoleh di kampus IKIP Surabaya saat itu. Monyong berpidato dijalanan pada saat menjelang jatuhnya kekuasaan Orba, seperti layaknya seorang presiden dengan suaranya yang tak henti-hentinya memprovokasi massa bergerak dari satu jalanan ke jalanan yang lainnya. Ya itulah awal dari seni pertunjukan jalanannya.Seni rupa menjadi media untuk memperlihatkan siapa yang tidak membela rakyat dengan cara membuat performance art jalanan. Berbagai aksi, antraksi, dan seni menjadi satu guna mengingatkan penguasa yang lengah dalam menjalankan tugasnya.Mengapa Vespa menjadi perangkat untuk menguasai jalanan.Menurutnya Vespa multiperan, bisa sebagai media iklan, orasi, pertunjukan. Peran vespa monyong bisa menjadi media iklan dengan membuat tulisan, dan membawa Banner juga lukisan. Vespa adalah jiwa, keringat, dan darah yang menyatu dengan kehidupan jalanan monyong.

Vespa menjadi menjadi ide penciptaan karya yang kemudian dieksplorasi sedemikian rupa. Karya yang terakhir menunjukan bagaimana vespa monyong tidak hanya menjadikan media tetapi menjadi juga inspirasi dalam penciptaan karya baik tiga dimensi maupun dua dimensi. Begitulah seniman kalau sedang banyak inspirasi apapun bisa menjadi karya seni.Suatu saat pada pertemuan perforamance art yang dihadiri 5 negara di CCCL (Pusat Kebudayaan Perancis),Monyong beraksi dengan berpidato didepan kantor tersebut dengan hanya menggunakan celana dalam, vespa kesayangannya diparkir ditepi dengan bendera merah putih selalu ada dalam setiap aksi pertunjukannya. Ketika Pembukaan Biennale Jatim III 2009,vespa menjadi corong dan salah satu karya performance artnya.

Pada pameran kali ini, vespa-vespa itu dirusak sedemikian menjadi bentuk-bentuk seni dalam konteks kekinian. Ada yang diberi kawat,benda seperti corong, tameng,pedang, tong,dan sebagainya.Vespa ibarat tubuhnya yang selalu menerima beban untuk dijadikan media menyuarakan suara kaum yang lemah dan tertindas. Tetapi bisa sebaliknya vespa bisa berarti sesuatu yang kuat yang terus bergerak bagaikan tubuh Taufik sendiri yang selalu bergerak ketika ada satu kekuatan yang menindas. Semangat berkeseniannya menggelora seperti saat ia berpidato menyulut para pendemo untuk terus bergerak menumbangkan rejim Orde Baru. Kini Taufik berjalan sendiri dijalanan dengan pertunjukan-pertunjukan seninya yang orang terkadang menjadi bingung apakah itu seni atau demo?

Jalanan menjadi media untuk menyalurkan, menjadi inspirasi, dan menciptakan karya seni. Dijalanan pula hidupnya akan terus berjalan ditengah derunya roda-roda yang berjalan saling berebut untuk menuju suatu tempat. Kehidupan Monyong dan Kehidupan jalanan saling bertautan, kerasnya kehidupan jalanan juga mewarnai kerasnya karya-karya yang ditampilkan kali ini. Vespa-vespa yang telah berpindah diatas kanvas, dengan warna-warna merah,kuning,hijau menampakan emosi dari Taufik yang terus menggelora.

Ayo Bung Terus Bergerak...!

No comments:

Post a Comment

 
© Taufik Monyong
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top