Seorang Budayawan

Virus Perubahan Peradaban

Gerakan kesenian di Surabaya mulai mendapat apresiasi dari segala aspek massa, baik oleh pemerintah maupun masyarakat yang meliputi Apresiator, Kolektor, Kurator dan banyak komponen masyarakat yang akan terlibat dalam penyelesaian persoalan kesenian tersebut. Serta sebuah upaya untuk mengajak seluruh masyarakat di Surabaya terutama seniman lukis atau perupa untuk melakukan apresiasi seni dan membangkitkan kota Suarabaya menjadi kota seni setelah ibu kota Jakarta. Namun, gagasan ini tidak berakhir begitu saja, akan tetapi seharusnya mampu merubah iklim kebudayaan yang akan mereka lakukan yaitu suasana kesenian yang jelas membawa ruang kesenian sebagai virus perubahan peradaban masyarakat.


terima kasih kepada para penikmat seni

Maka dengan kesadaran individu tersebut, saya seolah memiliki tanggung jawab besar untuk menyebarkan virus-virus positif tersebut kepada semua sudut ruang masyarakat untuk melakukan sebuah perubahan, setidaknya perubahan dalam pemikiran keseharian. Dan pameran ini saya tujukan untuk mereka yang masih tertidur dalam mimpinya, menyadarkan dan mengajak mereka melakukan seuatu yang tidak mungkin terjadi untuk menjadikannya ada.
Pameran tunggal ini dilakukan dalam upaya memperkaya karya dan aktifitas seni yang memberikan gambaran kondisi kekinian yang terjadi di kota Surabaya, Indonesia, bahkan Dunia. Berupaya membawa pesan Nasional dan Internasional untuk mempengaruhi manusia agar tidak terjebak dalam satu situasi bersifat politik, ekonomi, hukum dan kebudayaan namun lebih jauh mebawa ruang perubahan yang besar dan klimaks kebudayaan itu sendiri.


opening ceremony by;
Sekdaprof. Bp. Dr. H. Rasio Msi. feat Taufik Monyong
Pameran Tunggal Seni Rupa 'Virus Perubahan Peradaban' akan mengajak para apresiator serta penggagas seni terlibat melakukan apresiasi secara besar-besaran di kota Surabaya, mengetahui secara detail tentang alam perubahan yang akan terjadi sekian tahun kedepan terhadap perubahan seni yang sebenarnya.

Saya berharap akan terciptanya keadaan yang mencerminkan suatu sikap yang konkret terhadap upaya dan penyelamatan karya seni dan para senimannya untuk melakukan Pameran Seni Rupa yang merupakan bukti kepedulian terhadap kebudayaan dan kesenian akan gairah kehidupan kesenian dengan mulai marak segala aktifitasnya dengan seperangkat keberagamannya.

- by: Taufik Monyong -


photo selengkapnya @ Picasa - Virus Perubahan Peradaban

No comments:

Post a Comment

 
© Taufik Monyong
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top